English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
Home » » Kutu Pada Murai Batu

Kutu Pada Murai Batu

Written By Muhamad Soleh on Selasa, 18 Desember 2012 | 00.17

Murai batu yang tidak pernah mandi, dijemur, dan kandangnya kotor mudah sekali terserang kutu. Gejala-gejala burung yang diserang kutu adalah sering mematuk-matuk bulu badan, bulu ekor, dan bulu sayap sehingga menjadi kusam dan patah-patah.
Pencegahan terhadap serang kutu dapat dilakukan dengan cara sering memandikan, menjemur, dan membersihkan sangkar. Sedangkan pengobatan kutu pada burung dapat dilakukan dengan obat kutu khusus burung yang dicampur air dan disemprotkan pada bulu burung menggunakan sprayer. Bila sulit mendapatkan obat kutu khusus burung, obat tersebut dapat diganti dengan obat kutu rambut manusia. Tuangkan sedikit obat kutu manusia tersebut dalam wadah dan campur dengan air, kemudian semprotkan pada bulu burung dengan sprayer.

Pengobatan secara tradisional dapat dilakukan dengan daun sirih. Ambil tujuh lembar daun sirih dan diremas-remas, kemudian rendam dalam air panas dan tunggu hingga dingin. Setelah air rendaman daun sirih tersebut dingin, ambil burung yang terserang kutu kemudian mandikan dengan air rendaman daun sirih. Ulangi lagi setiap tiga hari sekali hingga burung tersebut terbebas dari kutu.
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fans-burung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger