English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
Home » » Merawat anakan murai

Merawat anakan murai

Written By Muhamad Soleh on Kamis, 27 Desember 2012 | 00.43

Angkat Anakan

Anakan umur 10-11 hari biasanya sudah mulai blajar nangkring, jadi kalau ambil idealnya umur 7-8 hari.
biasanya klo lebih 10 hr sudah bisa terbang, dalam fase tersebut biasanya sudah takut sama orang & semakin sulit diloloh mending dibiarkan sampai makan sendiri tp kendalanya si induk akan lebih lama untuk produksi lagi. Kalau masih di sarang jangan diganggu, kwatir induknya ngambek.
Usia 1 minggu sebaiknya diambil karena lebih enak mantaunya, skalian blajar ngeloloh.
Kalau mengangkat anaan kita harus siapin tempat dan sarang buat anak, sangkar kecil yang samping kanan kiri ditutup kardus/kain, dalam sangkar dikasih lampu 5 watt.

Kotak Incubator Sederhana dan Suhu yang Ideal

Kotak incubator cuma pakai kotak triplek dicat cuma pintu depan agak lebar kan belum bisa terbang terus dilubangi dikasih kasa nyamuk, atasnya kasih lampu 5 watt, kalau terlalu panas lampu dimatikan.
Suhu dalam kotak kalau masih umur 5 hari antara 29 °C - 33°C. smakin besar cukup 30°C. Dalam kotak dikasih termometer untuk mengecek suhu, lampu dinyalakan dengan melihat kondisi cuaca, kalau siang panas sebaiknya dimatikan, begitu juga kalau malam yang dingin bisa dinyalakan.

Meloloh

Mulai ngeloloh jam 6 pagi, sebalum sempat buat adonan makanan biasanya dikasih jangkrik kecil (sebesar biji kedelai atau besaran sedikit) masing masing 5 ekor setelah dibuang kepala & kakinya. 

  1. Buat adonan yang banyaknya disesuaikan jumlah anakan misal anakan ada 2 ekor cukup vour 2-3 sndok makan, kroto bersih 2-3 sendok dituang air panas/mendidih secukupnya, biarkan mengembang baru diaduk + vitamin tuk menjaga kesehatan anakan (pakai "vitachicks" untuk anak ayam) dosis secukupnya.
  2. Adonan bisa kita campur cacing potongn kecil2 sebelmnya cuci bersih dengan air hangat/panas cukup 2-3 hr sekali. Adonan jangn sampai basi mending habis buat lg, biasanya dibuat 2x sehari.  (cCacing bs dicmpr ke adonan atau dikasih langsung tapi harus dipotong kecil kecil di cuci air hangat dulu).
  3. Anakan disuapi bisa menggunakan sumpit atau buat sendok kecil, adonan jangan terlalu encer atau terlalu padat, disesuaikan umur anakan.
  4. Ulat hongkong/kandang jangan dulu karen sulit dicerna nanti aja klo umur 25 hr sambil blajari makan sendiri.


Pemasangan Ring
Sedangkan utk pemasangan ring umur 10 hr krn biasanya umur 11 hr sadah blajar nangkring.

Penjemuran
Untuk anakan umur 15 hari biasanya baru dijemur 10 menit tapi belum berani dimandikan, setelah umur 25 hari dijemur 15 menit sama disemprot halus, begitu seterusnya bertambah umur penjemuran ditambah begitu juga degan penyemprotan tapi semprot degan spray yang halus seperti hujan.

Pengalaman yangg lalu
Saya aja klo dah netes mesti binggung apalagi klo dah hari ke 5 pengen segera diangkat, soalnya pengalaman yang dulu begitu, setiap masuk hari ke 7-10 mesti ada yang mati. Sekarang hari ke 5 langsung saya angkat siapin dulu adonan pakan vour + kroto + vitamin jadi kelainan pada anakan bisa segera dapat diketahui.

Permasalahan Kaki Anakan Lemah
Kalau kaki lemah berarti kurang zat kapur, kalau diloloh sendiri adonan bisa ditambah zat kapur bisa di beli di apotik.
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fans-burung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger