English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
Home » » Murai batu cacingan

Murai batu cacingan

Written By Muhamad Soleh on Selasa, 18 Desember 2012 | 00.12

Penyebab cacingan pada murai batu adalah cacing yang hidup dalam usus burung sebagai parasit yang menghisap sari-sari makanan. Penularan cacing ini dapat terjadi melalui makanan atau minuman yang tercemar atau mengandung telur cacing dan diminum oleh burung. Penularan dapat juga terjadi melalui kotoran dari burung yang menderita cacingan. Gejala-gejala burung yang menderita cacingan adalah  kotorannya encer (mencret) bercampur lendir, kondisi burung lemah, malas berkicau, nafsu makan menurun, badan kurus, dan muka pucat.

Pencegahan cacingan dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan sangkar/kandang dari segala macam kotoran yang tercemar telur cacing dan menghindari kerumunan lalat yang dapat menyebarkan bibit penyakit; pemberian pakan dan minum yang bersih dalam jumlah yang cukup dan mengandung nutrisi sesuai yang dibutuhkan oleh burung.
Pengobatan terhadap burung yang menderita cacingan dapat dilakukan dengan pemberian obat cacing khusus burung. Agar tidak mengalami stress setelah sembuh dari cacingan, burung tersebut dapat diberi obat anti stress.
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fans-burung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger