News Update :

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Jenis voer yang bagus untuk burung kicauan

Kamis, 10 Januari 2013

---


Tepat memilih pakan berarti burung tidak gampang mencret, bulu tidak mudah rontok, gacor dan bertenaga. Salah dalam memilih pakan dapat menimbulkan masalah.

Berikut ini beberapa tips untuk Anda dalam memilih merk pakan burung :


voer pakan burung
Untuk memilih merk voer tertentu, coba lihat dulu kemasannya. Baca kandungan yang ada di dalamnya. Nah, unsur apa saja yang perlu ada dalam pakan burung? Berikut ini garis besarnya.
Unsur pakan yang perlu ada dalam pakan burung adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan asam amino serta mineral.

Secara umum, semua voer pakan burung yang beredar di pasaran memang terdiri unsur-unsur di atas, tetapi yang diperlukan di sini adalah pengetahuan tentang jumlah masing-masing unsur pakan di dalamnya karena kita tidak bisa memastikan kebenaran dari komposisi yang ditulis dalam kemasan voer pakan burung.

Bila burung Anda terlihat kurus, bulu mudah rusak, kerdil, kanibal, murung, enggan berkicau, serta sering kali berperilaku mencabuti bulunya sendiri, ada kemungkinan burung kekurangan protein. tapi jika kita sering memberikan tambahan protein berupa pakan tambahan (EF = extra-food) seperti jangkrik, kroto dan sebagainya tetap muncul kasus burung seperti itu, pasti ada penyebab lainnya dan bukan karena kekurangan protein.
Lain hal jika kita tidak pernah memberikan tambahan pakan ekstra (EF) dan hanya mengandalkan voer, maka jika terjadi kasus di atas, kemungkinan besar voer yangdipakai kurang kandungan proteinnya.

Bila burung Anda mudah mencret, malas berkicau, terlihat atau menjadi gemuk ketika diberi pakan voer merk tertentu padahal tidak memberikan pakan tambahan lain, maka bisa jadi voer terlalu banyak mengandung lemak. Lemak memang merupakan sumber energi, saluran air metabolik, insulator (pengatur suhu tubuh), sebagai bantalan atau pelindung bagian tubuh, serta sebagai pembawa vitamin A, D, E, dan K. Namun kalau burung terlalu banyak mengonsumsi lemak menjadikan burung ini berpeluang untuk mencret atau gemuk.

Bila burung Anda berbulu kusam, mudah terkena rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal), terserang paralysa (lumpuh) atau perosis (tumit bengkak);  juga anak burung banyak yang mati;  paruh gampang meleset, pucat dan lemah, maka kemungkinan besar burung kekurangan vitamin dan mineral.
Vitamin utama dan asam amino
yang perlu ada dalam pakan burung adalah A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3; Zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sesungguhnya adalah salah satu bentuk dari Vitamin B) dan Ca-D Pantothenate. 
Sedengkan mineral yang perlu ada antara lain adalah Calcium, Phosphor, Iron, Manganase, Iodium, Cuprum, Zinccum, Magnesium, Sodium Chlorin dan Kalium.

Jadi merkyang harus dipilih
pilih merk sembarang dengan syarat-syarat umum sebagai berikut :
  1. Kandungan pakan yang tertulis di kemasan lengkap (mencakup unsur-unsur yang saya sebut di atas)
  2. Harga relatif murah
  3. Mudah didapat di kios pakan burung di sekitar rumah
  4. Kemasan kuat/anti bocor
Pada dasarnya burung peliharaan akan menurut saja apa yang kita berikan dan secara perlahan metabolisme tubuh mereka akan menyesuaikan dengan pakan apa yang kita berikan.

Banyak merk
Mungkin memberikan pakan ke burung tertentu dengan merk tertentu mengikuti rawatan awal (dari pemilih burung sebelum Anda), berikan saja ke semua burung merk yang sama agar Anda tidak repot.
Ganti voer dengan cara bertahap. Campurkan saja pakan yang biasanya dengan pakan yang baru. Hari berikutnya, merk tertentu yang hendak dihilangkan, dikurangi porsinya sedikit demi sedikit, sampai pada akhirnya hanya voer pengganti yang kita sodorkan.

Warna voer yang bagus
Tidak pentinguntuk memperhatikan warna pakan burung pada kali pertama burung dilatih makan voer, kita harus yakin betul bahwa pewarna yang digunakan adalah zat pewarna makanan. Banyak voer berwarna hijau yang disebutkan sebagai mengandung rumput laut. Itu sekadar “memberi kesan”, sebab rumput laut yang akan diramu-masuk ke pakan burung, sebenarnya  sudah berwarna putih. Artinya, warna hijau itu bukan warna rumput laut, itu adalah zat pewarna.
Agar lebih aman dan nyaman, pilih saja voer dengan warna yang netral (warna katul/warna dedak), bukan  kuning, bukan hijau atau merah, coklat dan sebagainya. Meskipun warna netral bisa jadi adalah juga pengaruh zat pewarna tetapi  itu relatif lebih aman ketimbang yang berwarna merah menyala atau hijau gelap




 http://okenesia.com/go/url/1038/voer-merk-apa-yang-bagus-untuk-burung-kicauan-dan-burung-di-penangkaran.html
---
---
Share this Article on :

0 komentar:

 

© Copyright Fans-Media 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.