English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
Home » » Sistem ternak koloni atau Individu

Sistem ternak koloni atau Individu

Written By Muhamad Soleh on Minggu, 03 Maret 2013 | 21.48

Ternak lovebird memang menyenangkan karena burungnya yang lucu dan warnanya yang indah, tapi kadang juga bikin sedih, jenuh, gundah gulana dan lain-lain hal ini terjadi ketika lovebird kita tidak mau jodoh, sudah jodoh ternyata satu jenis betina dengan betina atau jantan dengan jantan, jika sudah jodoh lama sekali bertelur, jika sudah bertelur tidak menetas ini biasanya untuk telur pertama, sudah menetas anaknya mati, begitulah kurang lebih suka dukanya.  
Karena ketika kita memelihara burung perasaan kita tidak tenang, emosi karena kok ga nelur nelur kok ga netas netas dan lain sebagainya, maka hal tersebut akan mempengaruhi keadaan burung kita atau intinya ada kontak batin antara kita dengan burung yang kita pelihara  . Jadi intinya layani burung kita dengan sebaik-baiknya berikan makan dan minum dengan cukup. Karena tugas kita hanya merawat dengan baik,  urusan untuk bertelur, menetas adalah urusan sang indukan. 
Untuk ternak lovebird ada 2 sistem: 

SISTEM KOLONI dimana burung lovebird diumbar dalam sangkar yang besar, dan tidak lupa menyediakan tempat untuk mereka bertelur atau yang sering disebut GLODOK satu glodok untuk satu pasang lovebird jika ada 10 ekor berarti kita harus menyiapkan 5 glodok. 

SISTEM INDIVIDUAL atau satu sangkar satu pasang, namun dari sistem kedua itu ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Untuk ukuran sangkar system koloni di sesuaikan aja dengan jumlah lovebirdnya, dan untuk system individual dan glodok tidak usah repot mendukur panjang lebar dan tingginya sudah banyak sangkar dan glodok yang dijual dipasaran tinggal dibeli ga usah diukur lagi
Berikut ini dipaparkan tentang keuntungan dan kerugian dari masing masing sistem Koloni dan system satu sangkar satu pasang.

Ternak dengan Sistem Koloni 


Kelebihan dari beternak dengan sistem biasanya peternak mengumbar semua burung dalam satu sangkar besar dan membiarkan Lovebird memilih pasangannya sendiri, pemeberian makan dan minum lebih praktis tinggal menyediakan tempat minum dan makan yang besar, membersihkan sangkar lebih praktis.    


Kerugianya Jika ada burung yang sakit maka akan dengan mudah burung yang lain terkena penyakit sehingga dapat menyebabkan kematian masal bila kita tidak memperhatikan dengan baik, kerugian yang lain bila ada indukan yang sudah menetaskan anaknya bila makanan untuk meloloh kurang atau tidak mencukupi sang induk kadang rebutan makanan dengan burung lain sehingga sang induk tidak dapat memberi makan anaknya dengan baik sehingga akan menyebabkan kematian bagi si anak lovebird.

Ternak dengan Sistem Individual


Kelebihannya Burung akan lebih tenang dalam produksi karena tidak terganggu dengan burung lainnya, masa kawin lebih tenang dan nyaman, bila melolohkan anaknya tidak rebutan makanan, pengontrolan kesehatan burung lebih baik.




Kerugiannya salah jodoh, sudah lama kita menantikan lovebird kita bertelur ternyata lovebird yang kita jodohkan adalah sesama jenis, betina dengan betina dan jantan dengan jantan. kerugian yang lain dalam memberi makan dan minum serta membersihkan sangkar akan lebih memakan waktu

Nah bagi lovebird mania yang mau menernak lovebird bisa memilih pilihan diatas, semua ada kelebihan dan kekurangannya dan yang jelas resiko ditanggung masing-masing.





Share this article :

2 komentar:

  1. Terima kashi atas informasi yang sudah disampaikan salam sukses selalu

    BalasHapus
  2. Oke sama sama, thanks atas kunjuannya...

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fans-burung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger