Tips menambah power burung lomba


Kompleksitas persoalan dan gangguan pada burung, menyebabkan saya mencoba mencari jawabnya melalui berbagai referensi dan juga wawancara dengan dokter hewan yang berkompeten dalam bidang kesehatan burung. Hasilnya adalah sejumlah produk sebagai berikut: BirdPower, BirdHormon, StopSnot, BirdMolt-Pre dan BirdMolt-Post dan BirdFuma.

1. BirdPower

BirdPower adalah produk yang ditujukan untuk menambah power dan kegacoran pada burung. Apa komposisinya? BirdPower adalah kombinasi ATP dan multivitamin lengkap.

ATP atau Adenosine TriPosphate adalah sebuah nukleotida yang dikenal di dunia biokimia sebagai zat yang paling bertanggung jawab dalam perpindahan energi intraseluler. ATP mampu menyimpan dan memindahkan energi kimia di dalam sel. ATP juga memiliki peran penting dalam produksi nucleic acids. Molekul-molekul ATP juga digunakan untuk menyimpan bahan pembentuk energi yang diproduksi oleh respirasi sel.

Secara kimiawi, ATP terdiri dari adenosine dan tiga kelompok phosphate. ATP dapat diproduksi oleh berbagai proses dalam sel, biasanya di mitokondria dengan oxydative phosphorylation yang mendapat pengaruh katalis oleh ATP synthase, atau pada tanaman terjadi di kloroplas dengan proses fotosintesis. Bahan bakar utama bagi pembentukan ATP adalah glukosa dan fatty acids.

Awalnya, glukosa dipecah menjadi piruvat di cytosol. Dua molekul ATP terbentuk dari setiap molekul glukosa. Tahap akhir dari pembentukan ATP terjadi di mitokondrion dan bisa menghasilkan hingga 36 ATP.

Bagaimana jika karena suatu hal kondisi burung tidak memungkinkan pembentukan ATP sebagaimana mestinya? Mudah diduga, burung akan loyo atau kalau sehat maka kurang gereget untuk melakukan aktivitasnya.

Ya, BirdPower adalah racikan ATP dan multivitamin yang sangat bagus untuk membuat burung Anda bisa ngotot dan gacor setiap saat.

2. BirdHormon

BirdHormon merupakan salah satu jawaban untuk suksesnya proses penjodohan dan meningkatkan fertilitas indukan pejantan maupun indukan betina di penangkaran.

BirdHormon terbuat dari ekstrak tumbuh-tumbuhan yang mengandung ginseng Radix dengan efek seperti hormon untuk meningkatkan produksi testosteron untuk pejantan dan memacu produksi estrogen pada betina. Referensi tentang proses reproduksi tersebut bisa dilihat di halaman Reproduksi Burung.

Jika burung Anda bermasalah dalam proses reproduksi, maka BirdHormon adalah jawabnya.

3. StopSnot

StopSnot adalah kombinasi antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri pada burung. Infeksi bakteri yang menyebabkan snot atau coryza adalah Haemophillus gallinarum.

Selain mampu membunuh bakteri Haemophillus gallinarum, StopSnot juga merupakan antibiotik untuk beberapa penyakit burung seperti berak kapur atau Pullorum (akibat dari serangan bakteri Salmonella pullorum) dan Chronic Respiratory Disease (CRD) atau ngorok atau infeksi air sac atau sinusitis akibat bakteri Mycoplasma galisepticum.

Karena penyakit akibat serangan bakteri dan memerlukan penanganan cepat, Anda perlu selalu menyimpan StopSnot di perlengkapan obat burung Anda. Sedia payung sebelum hujan, begitulah kira-kira yang perlu Anda lakukan.

4. BirdMolt-Pre dan BirdMolt-Post

Sebelum peluncuran BirdMolt-Pre, Om Kicau sudah meluncurkan BirdMolt sebagai kombinasi BirdMolt-Pre dan BirdMolt-Post.

Jika BirdMolt adalah produk yang digunakan secara umum untuk melancarkan keseluruhan proses molting atau mabung, maka BirdMolt-Pre khusus untuk membantu kelancaran proses rontok bulu. Sementara BirdMolt-Post adalah untuk mempercepat proses penumbuhan bulu.

Untuk referensi lebih jauh mengenai zat vitamin dan mineral yang diperlukan selama proses molting atau mabung pada burung, bisa dilihat pada artikel Om Kicau yang berjudul: “Vitamin dan mineral esensial cegah dan obati penyakit pada burung kicauan dan penangkaran” dan “Mengapa metionin dan sistin perlu diberikan selama burung molting?”

5. BirdFuma

BirdFuma merupakan ekstrak hempseed (fumayin) yang diproses sedemikian rupa untuk diambil kandungan seluruh amino acid (asam amino) dan fatty acid-nya. Dengan cara demikian, BirdFuma tidak mengandung zat psiko aktif kanabinoid (sumber tetrahydrocannabinol yang memabukkan).

Penggunaan BirdFuma diktujukan untuk memberi peningkatan stamina pada burung lomba dan burung penangkaran, sebagai pendukung proses penjodohan.



Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:

Poskan Komentar

Populer Post

RecentPost