Google Translate

Sabtu, 20 April 2013

Harga kayu sengon per batang


Harga kayu sengon per batang sering ditanyakan oleh teman-teman dan klien saya, tetapi selama ini saya tidak pernah mau menjawabnya karena patokan harga memang bukan pada "harga per batang" tetapi patokan harga kayu itu ada pada kubikasi, saya selalu mengatakan bahwa harga kayu ke parbik itu per meter kubik bukan per batang.

Tidak sabar membaca tulisan ini? oke "JAWABAN CEPAT"-nya + Rp.500.000 per batang. tetapi saya sarankan anda membaca tulisan saya secara keseluruhan.

Sebagian dari kita pasti ada yang menyanggah pernyataan saya di atas bahwa "harga kayu per kubik, bukan per batang", mungkin ada menyanggah saya dengan sebuah ungkapan "tetapi biasanya orang beli per batang kok".

BETUL, para pedagang kayu tentu akan membeli per batang tetapi mereka menjualnya per meter kubik, para pedagang ini dalam istilah jawa membeli dengan model "tebasan", tebasan, menebas atau penjelasan bahasa Indonesianya "pedagang membeli dengan sebuah tafsiran atau asumsi, para pembeli ini membuat perkiraan satu batang akan jadi berapa kubik, dari situ para pedagang membuat harga beli pada kayu kita". Para pedagang tebas ini biasanya menjual kepada supplier pabrik, kemudian supplier pabrik bawa ke pabrik.

Kalau kayu yang kita punya cuma 10 atau 20 pohon tentunya akan kita jual dengan pedagang tebasan ini, tetapi kalau kita punya ribuan pohon dengan investasi yang tidak sedikit tentunya akan lebih baik kita jual ke pabrik langsung atau setidaknya ke supllier pabrik sehingga mendapatkan harga yang lebih bagus.

Dalam tulisan kali ini saya akan memberikan jawaban mengenai "harga kayu sengon per batang"  dengan pendekatan yang sederhana.

Sebelum saya berikan gambaran harga kayu, mari kita ingat 3 hal ini baik-baik ..

  1. Harga kayu sengon per batang tentunya tergantung pada besarnya  kayu (diameter kayu)
  2. Besarnya batang kayu (diameter kayu) tentunya juga tergantung pada umur kayu
  3. Dan..... sayangnya... umur kayu juga masih tergantung pada perawatannya...... RAWAT POHON ANDA BAIK-BAIK, selanjutnya mari berhitung.

Hitungan Harga Kayu per Batang 

  1. Jika umur kayu anda + 6 tahun dan perawatan yang standar
  2. Maka kita bisa beraharap diameter kayu di atas 25 cm
  3. Jika diameter kayu anda 25 cm ke atas maka 1 pohon akan menghasilkan 0,3 s/d 0,6 m3.
  4. Jika harga kayu Rp.1.200.000 per m3 maka harga kayu per pohon antara Rp.360.000 s/d Rp.720.000, tentunya anda akan ambil tengah-tengahnya sebagai asumsi yaitu Rp.540.000.

Kembali, sebelum kita berharap harga kayu sengon kita, sebuah pertanyaan harus dilemparkan kepada kita dulu "apakah kita merawat pohon kita dengan baik?" karena beda perawatan beda hasil. Sebatang pohon dengan perawatan baik jauh berbeda dengan pohon yang diumbar, sehingga ungkapan di bawah ini menjadi semacam kritikan buat kita.

Terkait

Description: Harga kayu sengon per batang Rating: 4.5 Reviewer: Muhamad Soleh ItemReviewed: Harga kayu sengon per batang
Al
Mbah Qopet Updated at: Sabtu, April 20, 2013

1 komentar:

yayan sopian mengatakan...

postingan yg sangat realistis, tidak muluk2 dan sesuai dg kenyataan d lapangan, sy acungin 2 jempo'l buat bapak saya petani jengjeng luasan 25 hektar 081906035070