News Update :

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Beternak burung kenari merah

Rabu, 22 Mei 2013

---

Kenari merah pertama dikembangkan pada 1930-an oleh dr hans duncker ( jerman ) dengan menyilangkan siskin merah ( jantan ) dengan kenari kuning ( betina ). Sebagian orang menyebutkan leluhur dari kenari kuning yang dipakai hans yaitu roller jerman, sesaat yang lain menyakini sebagai kanari border. 

Perawatan spesial kenari merah: jika anda punya kenari merah serta pingin memelihara warna merahnya, maka mutlak anda berikanlah pakan yang kaya dapat beta-carotene. minimal suplemen gabungan pada beta-carotene serta canthaxanthin. tetapi pemberian makanan tersebut cuma efisien saat bulu tengah tumbuh, serta ini umumnya berlangsung saat burung molting/mabung. 

Banyak suplemen pewarna yang dijual dengan bebas namun memanglah berisiko untuk kesehatan burung. makanan alami dapat dipakai untuk mengatur warna kenari, contohnya parutan wortel fresh serta brokoli cincang (atau buah-buahan/sayur yang kaya dapat beta-carotene yang lain). 

Hasil dari pemberian makanan tersebut amat bergantung pada seberapa banyak burung mengonsumsinya. namun yang jelas, pemberian itu amat punya pengaruh serta dapat dibedakan dengan nyata dengan kenari yang tidak diberi sekalipun makanan layaknya itu. Di luar pemberian makanan layaknya itu, perawatan kenari merah nyaris sama juga dengan perawatan kenari lain biasanya. 

Metode pewarnaan alami : 
Beta-carotene adalah hal penting untuk menyebabkan dan/atau melindungi warna merah pada kenari merah. zat itu dapat ditemukan pada beri, bit, ubi jalar, labu, tomat, ceri serta parutan wortel. pemberian pakan alami amat disarankan dikarenakan ini semakin bagus.

Metode pewarnaan kimiawi : 
Ada tiga bahan kimia yang dipakai didalam makanan pada penangkaran kenari merah, yaitu canthaxanthin, beta-carotene, serta jeruk carotenoids.

Menurut wikipedia, canthaxanthin yaitu pigmen carotenoid yang banyak tersebar di alam. carotenoids terhitung didalam kelas phytochemicals yang dikenal sebagai terpenoids. rumus kimia dari canthaxanthin, didapat memisahkannya dari sejenis jamur. zat ini juga dapat ditemukan pada alga hijua, bakteri, bakteri, krustasea, serta sebanyak type ikan layaknya contohnya ikan emas serta karper. di inggris, canthaxanthin diperbolehkan untuk tambahan pakan unggas, sebagian saus, terlebih untuk diekspor ke perancis, serta type makanan yang lain, di uni eropa batas paling tinggi kandungan zat ini yang diperbolehkan yaitu 80 mg/kg bahan makanan ). 

Canthaxanthin adalah unsur terkuat untuk memunculkan warna. sebagian peternak menggunakan canthaxanthin sebagai pewarna kimia untuk makanan burung. ini memanglah bukan hanya langkah terbaik memanglah. warna bulu pada burung yang cuma diberi pakan memiliki kandungan canthaxanthin cuma tampak layaknya merahnya batu bata ( kusam ). 

Untuk membuahkan warna merah yang cerah, butuh pemberian makanan gabungan canthaxanthin serta beta-carotene dengan perbandingan 50 :50. dengan cara tersebut, bulu burung dapat jadi cerah. campuran dua zat tersebut butuh terus disiapkan didalam minuman burung sepanjang mabung. 

Pencampurannya ke didalam air yaitu sejumlah satu sendok teh ( campuran canthaxanthin serta beta-carotene ) untuk tiap-tiap satu 1/2 galon air. pakai air untuk minuman burung sesaat yang lain dapat disimpan didalam lemari es. 

Canthaxanthin serta beta-carotene juga dapat diberikan pada anak burung. masukkan sesendok teh campuran canthaxanthin serta beta-carotene ke didalam satu kilogram air masak yang telah dingin. 
campuran canthaxanthin serta beta-carotene kerap dijual dengan sebagian zat tambahan layaknya sukrosa, dektrosa, atau type pemanis yang lain dan vit. c serta b. namun zat tambahan itu sebenarnya tidak punya pengaruh pada tujuan pembentukan serta pemeliharaan warna pada kenari merah. 

Kenari merah palsu memanglah sukar dibedakan dengan yang asli. ‘bahkan yang palsu warnanya terkadang lebih mencolok, ’ tutur peternak kenari di gunungbatu, cimahi, kabupaten Bandung, itu. walau sebenarnya warna kenari merah palsu dapat kembali kuning sesudah ia mabung dengan kata lain bertukar bulu serta mempunyai anak. ‘yang asli warna makin bagus setelah mabung, ’ kata Ahmad sofyan, pencinta kenari di jakarta pusat. 

Warna merah pada kenari merah palsu didapatkan melewati pemberian pakan yang kaya betakaroten layaknya tomat, wortel, serta paprika merah. langkah lain, berikan pigmen sintetis. yang dimaksud paling akhir ditentang banyak hobiis lantaran apabila over dosis ( od ) pigmen betakaroten menyebabkan masalah hati serta ginjal burung, sampai kenari mandul. 
---
---
Share this Article on :

0 komentar:

 

© Copyright Fans-Media 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.