English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
Home » » Ciblek kalung adalah petarung ulung

Ciblek kalung adalah petarung ulung

Written By Muhamad Soleh on Sabtu, 18 Mei 2013 | 00.18


Ciblek KalungCiblek adalah sejenis burung pengicau dari suku Cisticolidae (pada banyak buku masih dimasukkan ke dalam suku Sylviidae). Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal sebagai bar-winged Prinia, merujuk pada dua garis putih pada setiap sayapnya.
Burung yang ramai dan lincah, yang sering ditemui di tempat terbuka atau daerah bersemak ditaman, pekarangan, tepi sawah, hutan sekunder, hingga ke hutan bakau. Juga kerap teramati diperkebunan teh. Dua atau tiga ekor, atau lebih, kerap terlihat berkejaran sementara mencari makanan di antara semak-semak, sambil berbunyi-bunyi keras cwuit-cwuit-cwuit.. ciblek-ciblek-ciblek-ciblek.. ! Ekor yang tipis digerakkan ke atas saat berkicau.

Mencari mangsanya yang berupa aneka serangga dan ulat, perenjak jawa berburu mulai dari permukaan tanah hingga tajuk pepohonan. Burung ini membuat sarangnya di rerumputan atau semak-semak hingga ketinggian sekitar 1,5 m di atas tanah. Sarang berbentuk bola kecil dianyam dari rerumputan dan serat tumbuhan.

Ciri-ciri dari :
Coba perhatikan sahabat semua,apabila kita amati dengan jelas,pada bagian dada pada ciblek tersebut tanda abu-abu yang biasa kita sebut kalung. Maka dari itu,banyak orang yang menyebut ciblek ini ciblek kalung.

Adapun perbedaan jantan-betina:
Jantan:

  1. Kepala condong bulat agak besar/istilah jawa Njambe
  2. Kaki panjang proposional/cengkraman kuat ciri fighter bagus
  3. Paruh tebal hitam,rongga mulut juga hitam
  4. Mata cerah bulat dan belotot
  5. Ekor agak panjang dan rapat

Betina:

  1. Kepala bulat kecil
  2. Paruh tipis
  3. Kaki cenderung pendek2
  4. Pelipis mata ada tanda putih semacam alis

Dibandingkan dengan jenis lainnya,(ciblek pari/tebu,ciblek putih) menurut banyak pakar menyatakan bahwa jenis ini memang banyak di koleksi beberapa kicau mania. Karena banyak yang meyakini sekaligus mengamini kalau jenis ini memang memiliki sifat tempur yang luar biasa di tunjang roll lagu dan tembakan yang dahsyat, maka dari itu harga di pasaran agak mahal,mengingat juga dihabitat juga jarang dan stok dipasar juga menipis. 
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fans-burung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger