English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
Home » » Membedakan burung poksay jantan dan betina

Membedakan burung poksay jantan dan betina

Written By Muhamad Soleh on Kamis, 27 Juni 2013 | 03.34

Burung poksay merupakan salah satu jenis burung yang dikonteskan atau dilombakan. Burung ini juga memiliki penggemar yang cukup banyak, dengan suara dasar yang nyaring dan bervariasi  dalam jarak yang lumayan jauhpun suara burung ini masih dapat terdengar.

Burung poksay yang mempunyai suara keras dan bervariasi adalah burung poksay jantan, burung dengan nama latin Garrulax chinensis di alam bebas terbiasa memakan jenis-jenis serangga seperti ulat, jangkrik belalang dan lainnya. Burung dengan ciri-ciri warna kecoklatan, sedikit warna putih di telinganya dan sedikit jambul di atas hidungnya semakin menambah daya tarik poksay terhadap peminatnya. 

Untuk mendapatkan burung bakalan poksay dengan kualitas bagus kita harus benar-benar jeli dalam memilihnya. Untuk membeli bakalan burung poksay bagi para penghobi burung baru memang tergolong susah, bagaimana tidak melihat burungnya saja tidak pernah apa lagi membedakan jenis kelaminnya ataupun kualitasnya. Kadang ada penghobi burung yang memaksakan untuk membeli burung poksay sementara dia hanya mengandalkan filling tanpa mengetahui apa perbedaan dari burung tersebut. Tidak sedikit dari penghobi burung yang tertipu dengan penjual yang suka menipu dan tidak dapat dipercaya, ketika mendekati orang tersebut kita selalu diyakinkan kalau burung yang dijualnya adalah burung jantan, bakalan yang bagus, suara yang bagus dal lainnya. Itu hal umum yang biasa dilakukan penjual, tetapi dengan syarat tidak berbohong. Tapi dari sekian banyak penjual burung ada saja sedikit yang berbuat curang dengan mengeluarkan kata-kata manis ternyata setelah kita membeli burung tersebut betina, cacat atau yang lainnya yang merugikan pembeli. Saya juga pernah merasakan ditipu oleh pedagang pendatang yang seperti itu dengan penawaran yang memikat dan membuat percaya tetapi burung yang kita dapatkan tidak semanis yang dikatakan.

Membeli burung poksay bakalan sebenarnya mudah, kita dapat membeli burung pada tempat-tempat atau pedagang yang benar-benar dapat dipercaya serta  tempat jualnya yang tetap, karena biasanya penjual yang tidak jujur berasal dari penjual burung pendatang. Dan juga bisa mengajak saudara, teman atau orang yang sudah kita kenal dan paham dengan burung poksay. Bagaimana caranya untuk membedakan burung poksay jantan dan betina? Berhubung burung jantan dan betina jika dilihat dengan sekilas sama saja, coba perhatikan Tips Membedakan Burung Poksay Jantan Dan Betina dibawah ini :

Burung Poksay Jantan

  1. Burung poksay jantan walau masih muda suka makan voer kasar, sehingga voer didalam tempat pakan burung tidak berubah jadi lembut.
  2. Kedudukan leher poksay jantan tegak mendongak, dengan kepala terangkat dan terlihat gagah.
  3. Burung poksay jantan ebih jinak, sehingga mudah dipegang.
  4. Jika diperhatikan pada warna bulu dibawah ekor dekat dengan lubang dubur, bulu lembut dan berwarna kuning kemerahan.

Burung Poksay Betina

  1. Jika voer yang ada di dalam tempat pakan burung hancur seperti bubuk, bisa dipastikan burung tersebut betina. Itu terjadi karena burung betina tidak suka makan voer kasar.
  2. Kedudukan leher poksay betina merata (hampir sama rata dengan garis punggung) dan kepalanya tidak tegak.
  3. Tingkah laku poksay betina lebih binal, jika mau dipegang suka meloncat-loncat dalam sangkar, sampai kesulitan untuk memegangnya.
  4. Pada burung betina tidak berwarna seperti poksay jantan.
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fans-burung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger